Narasumber Agus Subardana
Moderator Sigid Purwo Nugroho
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis–jenis buku yang di terbitkan. Jenis–jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku (Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi-Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dan lain-lain).
Dari jenis–jenis katagori buku tersebut di sinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi:
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
strategi pemasaran yaitu strategi pemasaran secara online terhadap serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan darat yang kita anggap sebagai kompleks dengan berlandaskan pada faktor tersebut Berapa luas persegi tersebut dapat jelaskan secara singkat sebagai berikut:
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line)
1. Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar-mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
-Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-Menaikan penjualan dan profit
-Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing–masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku, kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
-Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-Mengubah tingkah laku (yang kurang minat beli, menjadikan tertarik beli), persepsi dan pendapat konsumen.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual/konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain :
-Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
-Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
-Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM, dan lain-lain )
-Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan, kuncinya kita proaktif komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor.
Sesi Tanya jawab
P1
Malam Pak Agus, saya Indaryati BM 25, akan menanyakan gambaran umum tentang penerbitan Andi, apabila kita menerbitkan buku sebanyak 25 eks, bagaimana cara penghitungannya, dan apa peran pemasaran buku kita dari penerbit Andi, terimakasih
Maaf Bapak atau Ibu ini yang katanya ada pertanyaan pertama ini Apabila kita mendapatkan buku sebanyak 25 eksemplar Bagaimana cara perhitungannya dan apa itu peran pemasaran kita dari penerbit Andi
Terima kasih Bapak Ibu sekalian Maaf kami penerbit tidak akan menerima dengan menerbitkan cuma 25 eksemplar kami menerbitkan buku itu berdasarkan aspek-aspek penilaian dari penilaian tentang ideologinya penilaian tentang keilmuannya penilaian tentang editorialnya penilaian tentang potensi pasarnya penelitian tentang reputasi penulis dan sebagainya sehingga rata-rata kami bisa terbitkan itu adalah berdasarkan kajian-kajian dari kami tim produk. Kurang lebih 3 bulan sampai 6 bulan baru kami bisa terbitkan itu sesuai dengan kaidah penilaian di internal kami sehingga buku yang kami terbitkan tersebut adalah rata-rata kita pasarkan secara masif dan kita oplah atau kita cetak ya kalau buku-buku yang kiranya itu kita sebarluaskan ke Gramedia itu kita tidak bisa di atas 1000 eksemplar sampai kadang kita minta 2000 eksemplar tapi kalau buku pelajaran selama seminggu kita cetak bisa diatas Rp5.000 sampai Rp10.000 sesuai dengan kebutuhan pasar, tapi Sekali lagi kami tidak bersedia untuk hanya menerbitkan atau mencetak 25 eksemplar Maaf kami juga tidak bisa memperhitungkan berapa hitungannya kalau cuma 25 eksemplar tersebut terima kasih
P2 Assalamualaikum Pak saya bu Elmi dari Riau BM 25 mau bertanya. 1. Hal apa yang menjadi pertimbangan paling penting dalam menentukan strategi pemasaran buku. 2. Bagaimana caranya agar pemasaran dapat mempengaruhi nilai pelanggan. 3. Mengapa pemasaran digital lebih disenangi daripada pemasaran tradisional 4. Bagaimana cara perusahaan untuk mencapai komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan efektif dan apa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan 5. Bagaimana cara kerja komunikasi pemasaran dalam perusahaan 6. Apa yang harus diketahui oleh seorang penulis sebelum menerbitkan buku. Demikian Pak mohon arahannya terima kasih.
Dari ibu pertama bertanya hal apa yang menjadi pertimbangan paling penting dalam menentukan strategi pemasaran buku hal yang terpenting dalam menentukan strategi pemasaran buku adalah tentang target pasar jenis buku yang ditulis tersebut sesuai dengan Target pasar dan sasaran pasar yang akan kita tuju yang kedua adalah berdasarkan potensi pasar misalkan kita akan menerbitkan tentang buku perpajakan hal yang terpenting adalah Berapa jumlah mahasiswa yang mengambil ekonomi dan juga di bidang perpajakan setiap mata kuliah tersebut ekonomi perpajakan tersebut tentunya kita akan mencari sumber data Berapa jumlah potensi mahasiswa di Indonesia yang akan memakai buku perkataan tersebut dan juga banyak sekali pertimbangan-pertimbangan untuk strategi pemasaran buku ini ditujukan untuk siapa misalkan kalau kita menerbitkan buku anak jelas sasarannya adalah anak-anak usia dini misalkan untuk usia dari 3 tahun sampai 6 tahun nah di situlah kita bidik buku-buku aktivitas anak itu kita pasarkan ke setiap PAUD TK dan juga tentunya SD kelas 1 dan bab 2 yaitu usia yang biasanya aktivitas anak ukuran akan sangat berpotensi menjadi pertimbangan terpenting dalam strategi buku adalah berdasarkan potensi pasar.
Bagaimana caranya agar pemasaran dapat mempengaruhi nilai pelanggan bahwa dari sebuah nilai pelanggan yang dimana merupakan sebuah kombinasi dari beragam macam hal seperti adanya kualitas pelayanan hingga harga yang akan diberikan sebuah penawaran pada produk yang diberikan ini adalah kita harus menilai dari sisi pelanggan yang merupakan sebuah titik yang berada di antara jumlah nilai yang berasal dari sebuah pelanggan Dan juga jumlah dari biaya yang akan berasal dari pelanggan serta jumlah nilai yang bagi pelanggan merupakan sebuah kelompok dari sebuah keuntungan yang akan dibutuhkan oleh pelanggan dari barang maupun jasa yang digunakan untuk itu bagaimana caranya supaya mempengaruhi nilai pelanggan itu adalah pertama dari sisi kualitas produk kita kalau buku adalah materi yang kedua pelayanan dari sisi pengiriman kita
yang kedua juga kita dari sisi harga itu adalah juga sesuai tidak dengan harga yang kita berikan dan juga Biasanya kita juga ada promo-promo khusus sehingga itu adalah akan menarik dan mempengaruhi nilai pelanggan yang ada dalam benak konsumen
pertanyaan yang ketiga dalam Mengapa pemasaran digital lebih disenangi daripada pemasaran tradisional karena Digital marketing atau pemasaran digital ini merupakan suatu usaha memasarkan produk melalui jaringan internet seiring perkembangan teknologi saat ini ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan Digital marketing sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk mereka secara contoh yang itu teknik marketing dalam bentuk website media sosial online Advertising dan email marketing itu adalah lebih mengacu kepada kecepatan dan apa yang saya sampaikan tadi ada beberapa kriteria Kenapa kok kita masuk ke Digital marketing ada beberapa alasan yang tadi saya sampaikan itu bapak ibu atau Bu Ibu bisa baca diuraikan saya tadi ada beberapa manfaat tentang Digital marketing dan khususnya ini Digital marketing ini mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan yang ada saat ini dan itu saat ini semua orang di Indonesia baik dari usia sejak masih remaja Sampai usia Tua saat ini sudah masuk ke semua ke teknologi lewat apa lewat HP kita sudah sangat sangat baik untuk bisa menerima informasi tentang produk-produk yang ada sehingga pengguna internet biasanya merasa lebih praktis untuk transaksi lewat digital ini sehingga target pasar haruslah orang-orang yang melek tentang teknologi dan aktif di media sosial untuk itu peran teknologi digital ini kita sebagai seorang marketing satunya kita harus memaksimalkan dan mengoptimalkan
pertanyaan yang keempat Bagaimana cara perusahaan untuk mencapai komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan efektif dan apa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh perasaan saya cara praktis itu kita adalah supaya terintegrasi dari sabun yang lain dari proses produksi penerbitan buku dulu setelah penerbitan itu berapa jumlah yang harus kita tertibkan setiap Minggu setiap bulannya dan kita masuk kan juga komunikasi terintegrasi dengan pihak produksi Telah terselesaikan cetak buku tersebut akan masuk ke Departemen penjualan atau ke pihak gudang gudang penjualan inilah nanti terkomunikasikan dengan tim marketing kita tingkatan marketing kita akan tahu tentang bagaimana produk yang kita akan jual kita akan berikan oleh produk langkah pertama sebagai seorang Marketing adalah tahu tentang program penataan produk itu sangat penting yang kedua adalah sebab terintegrasi juga marketing harus hafal betul potensi produk tersebut ke mana dan sasarannya adalah untuk siapa misalkan kalau pegas tersebut adalah kotak buku pelajaran tingkat paud-tk yang jelas sasaran kita adalah PAUD TK dan PAUD TK tersebut 1 wilayah tersebut harus kita kuasai Berapa jumlah data PAUD TK yang ada Setelah itu kita komunikasikan sales tersebut juga harus pintar menjalin hubungan kepada customer langkah selanjutnya setelah hubungan itu terjalin adalah bagaimana kita bisa closing membentang memenangkan hati pelanggan tersebut untuk bisa mendapatkan PO yang telah kita dapatkan baru kita akan sampaikan kepada pihak manajemen penjualan manajemen penjualan inilah yang akan membuatkan jalur distribusinya yaitu dengan memberikan faktur penjualan memberikan surat jalan dan baru surat jalan tersebut sudah diterima oleh marketingnya baru kita akan sampaikan kepada pelanggan sehingga bismillah secara langkah-langkah Dalam praktiknya Sehingga komunikasi yang terjalin dari penerbitan dari produksi dari penjualan itu semua terintegrasi dengan baik
pertanyaan ke-5 Bagaimana cara kerja komunikasi pemasaran dalam perusahaan sangat simpel kamu dalam berkomunikasi karena kita ada di report harian cara berkomunikasinya yaitu setiap tenaga marketing kami ya itu harus ada target kunjungan baik ke toko maupun kunjungan ke sekolah-sekolah maupun ke perguruan tinggi ada kakek kunjungan per hari rata-rata kunjungan 4 sampai 8 kunjungan dan harus repot artinya harus ada laporan kunjungan tersebut lewat tracking Sil tracking inilah nanti akan mendata ke mana dia akan pergi dari titik satu ketitik kedua ke titik ketika sampai ke 38 itu kita ada trackingnya cara mobilitas pakai jaringan internet hingga selesai kami itu adalah cara komunikasi terintegrasi tidak putus hubungan komunikasi kita dan setiap hari setiap sore semakin marketing harus memberikan laporan cara report ke pihak perusahaan dan itu setiap minggu itu kita akan evaluasi dan setiap bulan itu akan kita lakukan suatu langkah-langkah pengarahan yang praktis
pertanyaan yang terakhir apa yang harus diketahui oleh seorang penulis Sebelum menetapkan buku ini adalah pertama sebelum menerbitkan buku yang perlu diketahui oleh seorang penulis adalah pertama kita harus menguasai apa yang kita kuasai Apa yang akan kita tulis dan benar-benar kita kuasai jangan menulis yang tidak kita mengerti atau tidak kita kuasai sehingga penulis tersebut harus menentukan dalam diri pribadinya Tahu tentang potensi pasar apa sih buku yang harus saya tulis ini potensi pasarnya itu jauh mana kira-kira market tebel atau tidak Dan juga harus pemetaan dengan jelas untuk target umurnya jenjang sekolah untuk siapa ini syarat-syarat itu harus bener-bener Ibu kuasai tentang potensi pasar yang selanjutnya adalah penulis harus bisa tahu tentang persyaratan penerbitan buku itu apa saja yang harus di lakukan misalkan harus naskah tersebut diajukan cara pengajuan cara proposal di dalam proposal tersebut ibu harus bisa mengetahui tentang konten materi yang Ibu tulis itu apa saja terserah itu potensi pasarnya setelah itu tentang apa jangkauan ke depan tentang tentang sinopsis buku itu intinya apa gitu Itu yang dapat saya sampaikan mengenai Langkah apa yang harus diketahui oleh seorang penulis sebelum menerbitkan buku praktis saja.
P3 Selamat malam Pa Agus dan pa Sigid. Saya Sim Chung Wei, S.P dari Jakarta, BM 26 1. Apakah dalam menentukan penerbit kita lbh baik kita sesuai dgn genre nya? misal buku-buku pelajaran kita coba ke penerbit Andi, Erlangga, dan sebagainya. Untuk buku-buku fiksi ke penerbit Gramedia. 2. Untuk penerbitan buku oleh penerbit mayor, sebagai penulis akan mendapat royalti. Perjanjian/kontrak itu dibuat diawal kah atau setelah buku akan terbit? 3. Sebagai penulis, bagaimana kita tahu berapa eks buku yg kita tulis itu terjual? Terima kasih
pertanyaan pertama adalah Apakah dalam menentukan penerbit kita lebih baik kita sesuai dengan genrenya misal buku-buku pelajaran kita coba ke Penerbit Andi Erlangga dan sebagainya untuk buku-buku fiksi Ke penerbit Gramedia Nah ibu atau sini untuk menentukan penerbit itu Ibu harus tahu tentang latar belakangnya penerbit itu apa kalau perlu ibu buka websitenya apa saja jenis-jenis buku yang telah diterbitkan. Kalau penerbit Andi memang itu ada 32 katagori yang kita terbitkan termasuk untuk buku-buku pelajaran juga akan diterbitkan. Nah biasanya penerbit Mayor itu adalah semua jenis kategori itu diterbitkan dan juga tahu latar belakang dari penerbit tersebut juga arahnya masuk ke mana saja, misalkan masuk ke toko buku toko buku itu ada kurang lebih 34 sampai 36 kategori yang ada di toko tersebut atau tidak, itu berarti semakin genre buku yang bentuknya diterbitkan dengan jenis kategori yang ada itu adalah terserah dari sisi penulis untuk menentukan penerbit yang mana yang mau dipilih Tapi sebaiknya Ibu kalau mau menerbitkan buku mendingan semua disodorin 123, Siapa tahu mana yang cepat diterima ya itu, ya yang kiranya Ibu bisa ambil begitu karena setiap penerbit itu mempunyai penilaian masing-masing bisa ditolak atau bisa diterima.
pertanyaan yang kedua untuk penerbit buku oleh penerbit Mayor sebagai penulis akan mendapat royalti perjanjian kontrak itu dibuat awal kah atau setelah buku akan terbit. Nah itu adalah setelah Ibu menawarkan naskah kepada penerbit setelah penerbit itu menyatakan naskah ibu diterima itu biasanya terus nanti ada surat perjanjian itu biasanya di awal. Nah itu adalah penerbit Mayor biasanya akan memberikan perjanjian atau kontrak atau surat penerbitan antara penerbit dengan Penulis itu di awal sebelum itu di aktifkan royalty. Royalti itu diberikan biasanya kami enam bulan sekali atau kurang lebih 1 tahun sekali itu, royalti kami berikan royalti itu rata-rata 5 sampai 10% dari nilai harga nilai buku tersebut misalkan harganya itu Rp100.000 royaltinya kalau 10% nya dapat 10.000 kalau Rp100.000 royaltinya dapat Rp10.000 berdasarkan transaksi yang terjual
pertanyaan yang ketiga Sebagai penulis Bagaimana kita tahu berapa jumlah buku yang kita tulis itu terjual nyanyi nanti Ibu boleh mengikuti di sesi berikutnya yaitu dari teman kami yang biasanya di bidang penerbitan itu Pak Joko Irawan Mumpuni atau Pak Edi Mulyanta yang akan berbagi tentang Bagaimana kita tahu cara menerbitkan buku dan sebagainya, tetapi perlu sekali itu kita penerbitan itu biasanya kita berdasarkan nilai transaksi yang terjual dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun itu kita akan berikan cara transparansi kalau ibu kurang percaya ya silakan Ibu menghitung dari Aceh Di Aceh ada ibu ada berapa eksemplar disitu Ibu tungguin misalkan begitu turun ke Medan berapa macam akirnya Nanti ibu malah capek sendiri jadi ini adalah kepercayaan Bu penerbitan itu dengan penulis adalah staf. Kami sudah usia 42 tahun ini ya kita adalah mengandalkan trax dengan penulis dan penulis tersebut kita akan laporkan berdasarkan transaksi jual yang laku setiap 6 bulan maupun tahun yang terjual berapa begitu Bu.
P4 Selamat Malam Bapak Agus, Saya Rumiati dari gel.25. Ingin menanyakan tentang strategi pemasaran buku dipengaruhi oleh dua faktor. Yang ingin saya tanyakan faktor ke-2 tentang faktor makro yaitu demografi, ekonomi, politik hukum, teknologi fisik dan sosial budaya. Apa hubungan antara strategi pemasaran buku dengan faktor tersebut. Terima kasih.
Pertanyaan tentang strategi pemasaran buku dipengaruhi oleh dua faktor yang ingin saya tanyakan faktor kedua tentang faktor makro yaitu demografi ekonomi politik hukum dan Teknologi dan sosial budaya. Apa hubungan antara strategi pemasaran buku dengan faktor tersebut, dalam pemasaran itu banyak aspek yang kita lakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi salah satu faktor makro ini kan harus kita pikirkan misalkan kemarin tentang syarat demografi itu kita 2 tahun ini mengalami dampak Covid19 ini kan jangkauan suara demografi wilayah segala macem kan kita tidak mungkin kita akan bergerak maju terus dengan adanya aturan main dari tiap kabupaten kota dan pemerintah pemangku jabatan yang tidak boleh kita bertatap muka kita bersentuhan atau berkumpul bertemu dan segala macam ini sangat penting sehingga kita dalam memasarkan buku tentunya juga faktor demografi ini sangat penting sekali faktor ekonomi yaitu faktor ekonomi di dalamnya adalah tentang harga dan tingkat ekonomi setiap wilayah itu juga sangat penting untuk menentukan harga itu juga kita juga faktor ekonomi. Dari ekonomi dari setiap masyarakat sudah kita perhitungkan politik hukum itu juga. Pemasaran buku itu sangat penting sekali faktor politik hukum itu kalau pas lagi masa masa kampanye. Macam itu juga kita juga membidik pasar nya juga kita akan orientasi ke dalam mengikuti perkembangan situasi kondisi yang terjadi kalau misalkan pas waktu itu ada Posisi lagi trend politik meninggi ada pemilihan presiden dalam macam yaitu kita sebagai pemasaran kuku kita akan membidik pasar tentang menerbitkan buku-buku tentang arah pencerahan tentang politik segala macam faktor teknologi jelas karena perkembangan teknologi kita juga sangat berperan sekali dengan adanya teknologi ini bisa-bisa marketing digital bisa bergerak dengan cepat sosial-budaya juga kita kalau menerbitkan buku Pemasaran Buku sosial budaya sangat penting sekali karena itu menyangkut tentang Dan Kita kita Kita sesuaikan dengan daerah masing-masing kita menerbitkan buku misalkan buku kurikulum yang terbaru kurikulum Merdeka tetapi sosial budaya kita di dalamnya akan mengandung aspek tentang profil Pancasila itu kan pasti ada sosial budaya yang harus kita jaga kita masuk ke setiap daerah-daerah itu juga kita harus disesuaikan dengan karakter budaya masing-masing ini selesai kami tenaga penjual kami dalam strategi buku itu biasanya kami juga memakai tenaga penjual yang notabennya dari daerah setempat yang menguasai secara aspek sosial budayanya Supaya apa pendekatannya lebih baik. Demikian Ibu jadi salah aspek makro Pemasaran Buku itu adalah sangat penting kita pertimbangkan sejauh itu dari aspek politik aspek budaya sosial aspek demografi nya karena strategi pemasaran demografi ini juga penting sekali misalkan kita pengiriman selama seminggu juga kita kan pikir untuk pelayanan supaya lebih cepat efektif dan sebagainya.
Maka dari itu Menulis adalah berjuang, Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama–lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya. "Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.
Bungkus buku Solonya ya....dan siap pasarkan baik online atau offline
ReplyDelete