Nara Sumber Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
Moderator Muliadi
Tanya Jawab
P1
Assalaamu'alaikum pak.
Yandri novita sari izin bertanya pak.
1. Kegiatan dongeng keliling yang bapak lakukan mengangkat cerita seputar apa pak?
2. Kendala apa yang bapak temui selama melakukan kegiatan literasi sekolah pak?
Trimakasih pak
J1
Terima kasih Bu Yandri Novita Sari
1. Kegiatan dongeng saya lakukan secara intens sejak tahun 2003 sampai sekarang. Mengajar mulai tahun 2008 di SMP Taruna Bakti. Dongeng yang saya sampaikan lebih banyak dongeng untuk anak-anak TK/RA/PAUD dengan dongeng yang menyampaikan pesan-pesan moral. Saat mendongeng saya gunakan nama Ayah Salwa. Berbeda dengan panggilan anak-anak di sekolah mereka memanggil Mr. Bams
2. Kendala biasanya tidak semua guru siap membantu. Apalagi diawal saya lakukan dengan suka rela tidak ada SK (2016-2019). Harus siap kerja sendiri. Harus berani mengajak teman-teman yang satu visi atau senang dengan kegiatan literasi.
Terima kasih
P2
Assalamualaikum Pak pembahasan pada malam hari ini sangat menarik sekali masalah literasi. Kita tau bahwa pada saat ini semua anak sangat susah mengajaknya untuk berliterasi. Apalagi kalau mereka itu sudah memegang gadget. Mereka malah sibuk dengan gadgetnya. Dan kalau sudah sekolah kebanyakan mereka itu sudah malas untuk membaca. Kalau membaca Alquran Pak kami sudah melakukannya setiap pagi sebelum belajar. Bahkan anak-anak kami sudah banyak yang hafal ayat-ayat Alquran. Akan tetapi untuk membaca buku mereka sangatlah susah.
Saya bu Elmi dari Riau bm 25 mau bertanya Pak.
Apa langkah - langkah yang harus dilakukan untuk mengajak anak Didik kita agar mencintai dunia literasi, bukan cuma disekolah akan tetapi juga di luar sekolah.
Demikian Pak Mohon arahannya, terima kasih
J2
Waalaikumsalam Bu Elmi
Kegiatan literasi tidaklah hanya membaca buku, banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan. Tim Literasi Sekolah harus mampu membuat kegiatan literasi yang beragam. Sekolah kami melakukan kegiatan dengan pengolahan data dengan sangat baik. Setiap siswa yang melakukan kegiatan mendapatkan poin literasi. Aktivitas literasi di sekolah kami dokumentasikan di website agar diketahui oleh siswa tersebut, wali kelas dan manajemen sekolah. Lakukan terus menerus agar siswa merasa diperhatikan. Semoga program yang dibuat sekolah bisa dinikmati oleh semua pihak disekolah
Terima kasih
P3
Assalamualaikum..
Saya Rusdawati dari Palangka Raya.
Untuk sekolah saya selama ini ada kegiatan literasi yg dilakukan oleh guru-guru terutama guru Bahasa, namun keg tersebut masih belum membudaya untuk semua warga sekolah.
Bagaimana memulai kegiatan literasi di sekolah, karena kita tidak bisa sendiri melaksanakan kegiatan tsb tanpa dukungan dari semua pihak.
J3
Waalaikumsalam w.w. Ibu Rusdawati
Sebaiknya kegiatan literasi merupakan kegiatan resmi. Guru guru yang dilibatkan didukung oleh Kepala Sekolah. Buatlah program literasi oleh Tim Literasi Sekolah dengan sepengetahuan Kepala Sekolah. Sosialisasikan program literasi tersebut dalam setiap kegiatan sekolah. Dukungan dari Kepala Sekola menjadi hal yang sangat penting agar bisa diikuti oleh guru-guru yang lain. Terus berjuang dan berjuang, tentunya hasil bukanlah yang utama akan tetapi perjuangan yang terus menerus menjadi hal yang sangat wajib dilakukan. Selamat mencoba
Terima kasih
P4
Assalamualaikum
Sy sita dr BM 26.
Mohon ijin bertanya
Sy perhatikan anak-anak jaman sekarang sepertinya kurang suka berliterasi. Sy ambil contoh pada siswa-siswa sy. Pada saat itu pendaftaran SNMPTN dan panitia sudah memberikan informasi melalui website. Mereka terkadang tidak mau membaca informasi di website dan pada akhirnya yg mereka lakukan adalah bertanya pada bapak ibu guru mengenai informasi tersebut, padahal semua informasi telah disampaikan pada website.
Pertanyaan sy, bagaimana caranya membudayakan anak2 jaman sekarang untuk mau membaca.
Terima kasih
J4
Waalaikusalam w.w. Bu Sita
Inilah yang menjadi tugas kita semua. Membaca sesunggunya sebuah keterampilan bahasa yang utama. Membaca, menulis, mendengarkan (menyimak), berbicara merupakan 4 keterampilan bahasa yang menjadi fokus pembelajaran di sekolah. Perjuangan inilah yang terus menerus harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan yang paling penting adalah sebuah teladan dari kita semua. Menyampaikan pentingnya mengusai 4 keterampilan bahasa kepada setiap siswa ini merupakan salah satu cara. Mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari itu pun sangat penting dilakukan
Terima kasih
P5
Asslaamualaikum
Selamat malam Bapak
Saya Rumiati dari MAN Kota Palangka Raya
Gelombang 25.
Mohon pencerahannya tentang mendorong anak supaya PD atau berani tampil ke depan untuk menyampaikan argumenya setelah berliterasi sesuatu bahan ajar. Karena tidak semua siswa mau berbicara di depan kelas.
Terimakasih. Wassalam.
J5
Waalaikumsalam Bu Rumiati
Mendorong anak untuk berani, berikanlah kesempatan terus menerus untuk berani bicara. Biarkan mereka bicara dengan apa yang mereka kuasai. Bisa saja setiap hari sisihkan 5 menit, untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang berani bicara. Berikanlah kesempatan bicara tentang pengalaman mereka yang seru, hobi yang mereka sedang tekuni, atau yang lainnya. Berikan kesempatan kepada yang lain untuk bertanya, sehingga terjadi komunikasi yang efektif dari seluruh siswa. Selamat mencoba
Terima kasih
P6
Assalamualaikum, pak Mul dan Mr. Bams.
Nama Een
Gelombang ke-25
Asal Balikpapan
Sangat menginspirasi GLS yang bapak lakukan
Bolehkah saya tahu aplikasi atau sistem poin yang digunakan untuk menilai keaktifan siswa dalam membaca.
Terimakasih, jawabannya
P7
Selamat malam Mr. Bams
Saya Sim Chung Wei, dari Jakarta, BM 25
Pertanyaan saya,
Saat ini saya bertugas mengajar di sekolah SPK (dulu Internasionl) bukan guru bahasa Indonesia, yang kebanyana siswanya lebih fasih berbahasa iNggris dibanding Indonesia.
1. Ada kah saran metode atau permaian agar mereka dapat mengerti banyak kosakata bahasa Indonesia?
2. bolehkan saya menrunkan sedikit standar bagi mereka dalam membaca, misal bacaan untk kelas 8, saya beri dari bahan pelajaran kelas 7?
Terima kasih
J7
Selamat Malam Bu Sim Chung Wei
1. Permainan bisa dirancang sesuai tujuan yang ingin dicapai. Misalnya menjodohkan kata ini bisa dicoba. Misalnya :
tuliskan kata bahasa inggris dengan :
a. one
b. two
c. three
d. dua
e. satu
f. tiga
kemudian pasangkan. Atau bisa dikembangkan dengan permainan lainnya. Diskusi dengan guru Bahasa Indonesia dan Inggris mungkin akan lebih seru dalam membuat permainan yang akan disajikan.
2. Boleh banget, sesuaikan dengan kondisi peserta didik
Terima kasih
P8
Yandri novita sari nambah pertanyaan pak
Apa yang melandasi bapak pertama kali menjadi bagian di Gerakan Literasi Sekolah pak?
Apakah ini bermula dari rasa kekhawatiran bapak terhadap minimnya kegiatan literasi disekolah?
J8
Selamat malam Bu Yandri Novita Sari
Melarutkan diri dalam sebuah Gerakan Literasi Sekolah adalah panggilan jiwa, tanpa SK selama ada yang bisa dilakukan maka lakukanlah dengan riang gembira. Tugas guru tidaklah hanya menyampaikan materi pembelajaran akan tetapi bisa mencoba memberikan contoh, inspirasi agar kegiatan literasi menjadi sebuah kebutuhan. Begitu pentingnya literasi dalam kehidupan ini akan menjadi hal yang sangat penting dalam menjalani hidup ini. Negara yang maju menjadikan buku sebagai rujukan dalam setiap masalah yang dihadapi.
Bila saat ini kita belajar menulis maka ajaklah sebanyak-banyak setiap orang membaca. Menulis dan membaca seperti sahabat yang akan selalu meningatkan begitu sangat penting dan saling berhubungan.
Terima kasih
Lakukanlah apa yang bisa dilakukan dimana pun berada. Guru yang mau terus belajar akan terus merasa kurang, sehingga belajar adalah aktivitas yang menyenangkan. Belajar, kemudian berkarya agar bisa berbagi demi guru yang selalu siap berbakti.
Melibatkan diri sebagai pegiat literasi dimanapun berada, di sekolah juga lingkungan adalah bagian dari sebuah perjuangan bahwa literasi menjadi hal yang sangat penting.
Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan. Selamat berkarya.
Salam Bahagia
Mr. Bams
penamrbams.id
Luar biasa lengkap ya pak kenangan terakhir...
ReplyDelete