KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Menunjukan sikap positif terhadap
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendiskripsikan
hakekat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
masyarakat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
1,
2
|
b,
d
|
C-1,
C-2
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Hakikat Demokrasi
|
Rumusan Butir Soal :
1.
Demokrasi dapat diartikan sebagai….
a.
kekuasaan negara c.
kekuasaan tertinggi
b.
pemerintahan rakyat d.
pemerintahan kaum bangsawan
2.
Berikut ini yang termasuk nilai-nilai demokrasi
adalah kecuali….
a.
penyelesaian pertikaian secara damai dan
sukarela
b.
pengakuan dan penghormatan atas kebebasan dan
keanekaragaman
c.
pergantian penguasa secara teratur
d.
penggunaan kekuasaan untuk menekan rakyat
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan
pengertian demokrasi
·
Menyebutkan
nilai-nilai demokrasi
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
hakikat demokrasi
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
3
|
D
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
·
Sejarah
Perkembangan Demokrasi
|
Rumusan Butir Soal :
3.
Demokrasi pertama kali tumbuh dan berkembang di
negara…..
a.
Mesir c.
Italia
b.
Inggris d.
Yunani
|
||||
Indikator:
Menguraikan
sejarah perkembangan demokrasi
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
hakikat demokrasi
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
4,
5
|
B,
A
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Macam-macam demokrasi
|
Rumusan Butir Soal :
4.
Berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat,
maka demokrasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu…..
a.
Demokrasi Barat dan Demokrasi Timur
b.
Demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung
c.
Demokrasi formal dan demokrasi material
d.
Demokrasi Rakyat dan demokrasi Dunia Ketiga
5.
Negara berikut yang menganut demokrasi liberal
adalah…….
a.
Amerika Serikat c. Indonesia
b.
Kuba d. Republik Rakyat Cina
|
||||
Indikator.
Menguraikan
macam-macam demokrasi
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
7,
8
|
C,
C
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
· Pengertian
kehidupan demokratis
· Praktik
kehidupan demokratis dalam lingkungan sekolah, bermasyarakat
|
Rumusan Butir Soal :
6.
Kehidupan demokratis adalah kehidupan yang
senantisasa menerapkan berbagai prinsip dan nilai-nilai demokrasi dalam…..
a.
Lingkungan negara c.
berbagai lingkungan kehidupan
b.
lingkungan sosial d. lingkungan sekolah
7.
Arti penting kehidupan demokratis dalam
kehidupan keluarga adalah kecuali…..
a.
dapat menghindarkan terjadinya perselisihan
antaranggota keluarga
b.
meningkatkan rasa kasih sayang di antara anggota
keluarga
c.
memungkin kepala keluarga mengatur rumah tangga
sekehendak hati
d.
meningkatkan rasa tanggung jawab seluruh anggota
keluarga
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan
pengertian kehidupan demokratis
·
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokratis dalam lingkungan keluarga
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
8,
9
|
A,
A
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
·
Praktik
kehidupan demokratis dalam lingkungan sekolah, bermasyarakat
|
Rumusan Butir Soal :
8.
Salah satu contoh penerapan demokrasi dalam
kehidupan sekolah adalah…..
a.
pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS
b.
pelaksanaan pemilihan siswa teladan
c.
rapat pembagian tugas kepala sekolah
d.
pemilihan wali kelas oleh siswa
9.
Tindakan demokratis dalam lingkungan masyarakat
tercermin dalam……
a.
bersedia dipilih menjadi pemimpin dan bersedia
dipimpin
b.
menghindari adanya segala bentuk pemaksaan
terhadap teman sekelas
c.
menghargai pendapat semua anggota keluarga
d.
bergaul dengan tetangga berdasarkan persamaan
suku dan agama
|
||||
Indikator.
·
Menunjukkan
praktik kehidupan demokratis dalam lingkungan sekolah
·
Menunjukkan
praktik kehidupan demokratis dalam lingkungan bermasyarakat
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
10
|
C
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
·
Pelaksanaan
demokrasi di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
10. Periodisasi
(masa) berlakunya demokrasi terpimpin dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia
adalah…..
a.
1945 – 1949 c.
1959 – 1965
b.
1949 – 1959 d.
1965 – 1999
|
||||
Indikator.
o
Menyebutkan
periodisasi pelaksanaan demokrasi di Indonesia
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
11
|
B
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Pelaksanaan demokrasi di
Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
11. Setelah
kemerdekaan, Indonesia baru dapat mengadakan pemilihan umum untuk pertama
kalinya, yaitu pada tahun…
a.
1955
b.
1965
c.
1975
d.
1985
|
||||
Indikator.
Menjelaskan
salah satu peristiwa penting dalam
pelaksanaan demokrasi Parlementer
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
12
|
d
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
·
Pelaksanaan
demokrasi di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
12. Salah satu
contoh penyimpangan dalam pelaksanaan demokrasi parlementer adalah….
a.
Gus Dur mengeluarkan dekrit tentang pembubaran
DPR
b.
pengangkatan Soekarno sebagai presiden seumur
hidup oleh MPRS
c.
terjadinya pemberontakan G30S/PKI dalam upaya
mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi Komunis
d.
Diterapkannya sistem pemerintahan parlementer,
padahal seharusnya sistem pemerintahan presidensil
|
||||
Indikator.
o
Menunjukkan
contoh penyimpangan pelaksanaan demokrasi pada masa Demokrasi Parlementer
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
13,
14
|
A,
B
|
C-1,
C-2
|
Mudah,
Sedang
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
·
Pelaksanaan
demokrasi di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
13. Alasan utama
Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah…..
a.
Kegagalan Konstituante menyusun UUD baru
pengganti UUDS 1950
b.
Adanya serangan mendadak tentara Belanda
terhadap ibukota
c.
Belanda tetap mempertahankan Irian Barat sebagai
wilayah kekuasaannya
d.
MPRS tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan
baik
14. Pemerintah
Orde Baru dalam praktik pemerintahannya banyak melakukan hal-hal yang
bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi. Salah satunya adalah ….
a.
Melakukan proses pembangunan yang terus-menerus
melalui REPELITA
b.
Melarang adanya pemberitaan yang menyinggung keburukan
pemerintah
c.
Menyelenggarakan PEMILU setiap lima tahun sekali
d.
Menggalakkan wajib belajar sembilan tahun
|
||||
Indikator.
Menunjukkan
praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik
o
Menjelaskan
berbagai peristiwa penting dalam pelaksanaan demokrasi terpimpin
o
Menjelaskan
pelaksanaan demokrasi Pancasila dalam masa Orde Baru
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
:
1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menunjukkan
sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
15
|
B
|
C-2
|
Sedang
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan
·
Budaya
Demokrasi
|
Rumusan Butir Soal :
15. Dibandingkan
dengan pemerintahan otoriter, pemerintahan demokrasi memiliki beberapa
kebaikan, salah satunya….
a.
rakyat merasa tidak diperdulikan dalam
pemerintahan
b.
eratnya hubungan antara pemerintah dengan rakyat
c.
segala keinginan masyarakat akan dikabulkan
pemerintah
d.
timbul berbagai konflik dalam pemerintahan
|
||||
Indikator:
·
Menunjukkan
kebaikan budaya demokrasi dibanding otoriter
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan makna kedaulatan
rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
16,
17
|
C,
C
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
· Makna
kedaulatan
· Sifat-sifat
kedaulatan
|
Rumusan Butir Soal :
16. Kedaulatan
berarti….
a.
kekuasaan untuk mengadili c. kekuasaan tertinggi
b.
wewenang seseorang untuk bekerja d. kekuasaan pemerintah
17. Kekuasaan tersebut
tetap ada, sekalipun pemegang kekuasaan berganti-ganti
Pernyataan
di atas sesuai dengan arti sifat pokok kedaulatan, yaitu sifat…..
a.
tunggal c.
permanen
b.
asli d.
absolut
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan
pengertian kedaulatan
·
Menjelaskan
sifat-sifat kedaulatan
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan makna kedaulatan
rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
||||||||||||||
18
|
d
|
C-2
|
Sedang
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|||||||||||||||
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Macam-macam
kedaulatan
|
Rumusan Butir Soal :
18. Perhatikan
data di bawah ini!
Dari
pernyataan di atas, kedaulatan pemerintah yang bersifat ke luar ditunjukkan oleh nomor…..
a.
1, 2, dan 3 c.
1, 3, dan 5
b.
4, 5, dan 6 d.
2, 4, dan 6
|
||||||||||||||||||
Indikator.
·
Memberikan
contoh kedaulatan ke dalam dan
kedaulatan ke luar
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan makna kedaulatan
rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
19,
20
|
C,
D
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Teori-teori
kedaulatan
|
Rumusan Butir Soal :
19. Orang-orang
Jepang mempercayai bahwa Kaisar Jepang merupakan keturunan Dewa Amiterasu Omikami. Oleh karenanya
segala perintah kaisar harus dipatuhi karena termasuk perintah dewa. Dari
pernyataan di atas dapat simpulkan bahwa negara Jepang menganut teori
kedaulatan……
a.
raja/kaisar c.
Tuhan
b.
negara d.
rakyat
20. Teori
kedaulatan raja dalam praktiknya telah mengantarkan Raja Louis XIV berkuasa
mutlak dan berakhir dengan kematiannya secara tragis. Kejadian dimaksud
pernah terjadi di….
a.
Hongaria c. Austria
b.
Rusia d. Prancis
|
||||
Indikator.
Menjelaskan
teori-teori kedaulatan
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan makna kedaulatan
rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
21,
22
|
D,
C
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Teori-teori
kedaulatan
|
Rumusan Butir Soal :
21. Tokoh
pendukung teori kedaulatan rakyat yang mengeluarkan teori Du Contract Social (Perjanjian
Masyarakat) adalah….
a.
Thomas Hobbes c. Thomas Aquinas
b.
Montesquieu d.
Jean Jaques Rousseau
22. “Hukum memegang kekuasaan tertinggi di dalam
negara, sehingga segala tindakan penguasa dan warga negara harus tunduk pada
hukum yang berlaku
“. Pernyataan tersebut adalah inti pemikiran teori kedaulatan…
a.
penguasa c.
hukum
b.
warga negara d.
individu
|
||||
Indikator.
Menjelaskan
teori-teori kedaulatan
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
||||||||
23
|
C
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|||||||||
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Kedaulatan
rakyat yang dianut Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
23. Dasar hukum
berikut yang membuktikan bahwa Indonesia menganut teori kedaulatan rakyat adalah
kecuali….
|
||||||||||||
Indikator.
·
Menyebutkan
dasar hukum kedaulatan rakyat yang dianut oleh Indonesia
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
|||||||||||||||
24
|
c
|
C-2
|
Sedang
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
||||||||||||||||
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Kedaulatan
rakyat yang dianut Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
24. Pernyataan
berikut yang benar tentang perbedaan lembaga pemegang kedaulatan rakyat
sebelum dan sesudah amademen UUD 1945 adalah……
|
|||||||||||||||||||
Indikator.
Menjelaskan
perbedaan pelaksana kedaulatan rakyat berdasarkan UUD 1945 sebelum dan
setelah perubahan
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
25,
26
|
C,
C
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
25. Salah satu tugas
dan wewenang MPR berdasarkan UUD 1945 amademen adalah…..
a.
memilih presiden/wakil presiden
b.
mengubah Undang-undang
c.
melantik presiden/wakil presiden terpilih
d.
mengawasi pekerjaan Mahkamah Agung
26. Berikut ini
tugas presiden sebagai kepala negara adalah kecuali….
a.
memegang kekuasaan tertinggi atas angkatan
darat, laut, dan udara
b.
memberikan gelar, tanda jasa, tanda kehormatan.
c.
menjalankan roda pemerintahan
d.
menyatakan perang dan damai
|
||||
Indikator.
·
Mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD
1945 hasil perubahan
·
Menjelaskan perbedaan tugas presiden sebagai kepala
pemerintahan, kepala negara
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
27,
28
|
a, b
|
C-1,
C-1
|
Mudah,
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
27. Presiden
dapat memberikan rehabilitasi kepada seseorang. Arti rehabilitasi adalah…..
a.
pengembalian nama baik seseorang akibat putusan
peradilan yang salah
b.
pengembalian sejumlah uang akibat terlalu banyak
membayar pajak
c.
pengampunan yang diberikan kepada seorang
terpidana
d.
pemotongan masa hukuman seseorang
28. Menurut UUD
1945 amandemen, presiden/wakil presiden dipilih secara….. oleh …..
a.
langsung
; MPR c. tidak langsung ; MPR
b.
langsung ; rakyat d. tidak
langsung ; rakyat
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan perbedaan tugas presiden sebagai kepala
pemerintahan, kepala negara (lanjutan)
·
Menjelaskan tata cara pemilihan presiden menurut UUD
1945 amandemen
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT
SELATAN
: VII/2
: Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami
kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama
Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd.
PKn
|
Unit
Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab.
Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
29,
30
|
b,
c
|
C-1,
C-2
|
Mudah,
Sedang
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
29. Di bawah ini
yang termasuk fungsi anggaran DPR, yaitu…..
a.
bersama pemerintah membentuk UU
b.
bersama pemerintah membahas RAPBN
c.
mengadakan rapat pleno untuk membahas suatu
masalah
d.
melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU
oleh presiden/wakil presiden
30. Manakah
sejumlah hak di bawah ini yang termasuk hak DPR?
a.
hak interpelasi – hak menjalankan tugas – hak
inisiatif c.
hak budget – hak menyatakan pendapat – hak amandemen
b.
hak amandemen – hak pendidikan – hak beragama d. hak kebudayaan
– hak inisiatif – hak menyatakan pendapat
|
||||
Indikator.
·
Mengemukakan fungsi DPR
·
Menyebutkan hak-hak DPR
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
31,
32
|
a,
b
|
C-2,
C-1
|
Sedang, Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
31. Dalam sistem
pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat, DPR mempunyai peranan penting,
yaitu….
a.
sebagai penyalur aspirasi masyarakat di tingkat
pusat
b.
lembaga yang dapat memenuhi segala keinginan
masyarakat
c.
sebagai lembaga yang dapat dimanfaatkan
mayarakat untuk menjatuhkan presiden
d.
wahana bagi masyarakat untuk mempelajari ilmu
politik
32. Lembaga
negara yang merupakan bagian MPR yang dipilih melalui pemilu dari setiap
provinsi dan tugas-tugasnya senantiasa berhubungan dengan masalah otonomi
daerah adalah….
a.
DPR c. DPA
b.
DPD d. Panitia Ad Hoc
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang
berasas kedaulatan rakyat
·
Mengemukakan tugas dan kewajiban DPD
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
33
|
d
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
33. Wewenang
Mahkamah Agung (MA) menurut UUD 1945 amandemen adalah…
a.
memutuskan pembubaran partai politik
b.
memutus perselisihan tentang hasil pemilu
c.
mengadili suatu perkara di tingkat kasasi
d.
menegakkan keluhuran martabat dan perilaku hakim
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan tugas dan kewajiban Mahkamah Agung
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban
:
|
Proses
Kognitif
|
Tingkat
Kesulitan
|
Buku
Sumber :
|
34
|
a
|
C-1
|
Mudah
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
34. Salah satu
perbedaan wewenang antara Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Komisi Yudisial
(KY) adalah……
a.
MK berwenang menegakkan peraturan (konstitusi),
sedangkan KY berwenang menjaga citra baik institusi peradilan
b.
MK berwenang menjaga citra baik institusi
peradilan, sedangkan KY berwenang menegakkan peraturan (konstitusi)
c.
MK berwenang memutus perkara pada tingkat
banding, sedangkan KY memutus perkara di tingkat pusat
d.
MK berwenang mengadili, sedangkan KY tidak
berwenang mengadili
|
||||
Indikator.
·
Menjelaskan perbedaan tugas Komisi Yudisial dan
Mahkamah Konstitusi
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Buku
Sumber :
|
35,
36
|
C,
A
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Lembaga-lembaga
pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
35. Peran Komisi
Pemilihan Umum (KPU) dalam praktik pemilu di Indonesia adalah…..
a.
sebagai lembaga yang bertugas memilih caleg yang
layak jadi anggota DPR
b.
mencari orang yang berbakat di bidang politik
c.
lembaga yang merencanakan dan mengatur jalannya
pemilu
d.
lembaga yang membentuk partai politik peserta
pemilu
36. Salah satu
tugas dan wewenang Badan Perwakilan Desa (BPD) adalah…
a.
membuat peraturan desa bersama kepala desa
b.
mengurus admisstrasi desa
c.
menjalankan pemerintahan desa
d.
mengkoordinir adanya rapat desa
|
||
Indikator.
·
Menjelaskan peran KPU (Komisi Pemilihan Umum) dalam
praktik demokrasi di Indonesia
·
Menemukakan tugas dan kewajiban BPD
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
sistem pemerintahan Indonesia
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Buku
Sumber :
|
37
|
C
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Pengertian
sistem pemerintahan
·
Perbandingan
sistem pemerintahan presidensil dan parlementer
|
Rumusan Butir Soal :
37. Serangkaian
penyelenggaraan pemerintah yang saling terkait satu sama lain untuk mencapai
suatu tujuan disebut……
a.
sistem ekonomi c.
sistem pemerintahan
b.
sistem pertahanan d.
sistem peradilan
|
||
Indikator.
Membandingkan
sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
o
Menjelaskan
sistem pemerintahan
o
Menjelaskan
sistem pemerintahan presidensil dan parlementer
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
sistem pemerintahan Indonesia
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Buku
Sumber :
|
|||||||||||||||
38
|
A
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
||||||||||||||||
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Perbandingan
sistem pemerintahan presidensil dan parlementer
|
Rumusan Butir Soal :
38. Manakah
pernyataan di bawah ini yang tepat menggambarkan perbedaan sistem
pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensil?
|
|||||||||||||||||
Indikator.
Membandingkan
sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
o
Menjelaskan
sistem pemerintahan presidensil dan parlementer
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Mendeskripsikan
sistem pemerintahan Indonesia
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Buku
Sumber :
|
39,
40, 41
|
A,
C, C
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Dasar
hukum sistem pemerintahan yang dianut Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
39. Sistem
pemerintahan yang dianut Indonesia sekarang ini adalah…..
a.
sistem pemerintahan presidensil c. sistem pemerintahan
campuran
b.
sistem pemerintahan parlementer d. sistem pemerintahan
monarki
40. Dalam sistem
pemerintahan Indonesia, menteri-menteri bertanggungjawab kepada…..
a.
MPR c.
Presiden
b.
DPR d.
rakyat
41. Pada masa
sekarang ini, dalam hal kepartaian Indonesia menganut sistem….
a.
Monopartai c.
multipartai
b.
Dwipartai d.
tak berpartai
|
||
Indikator.
·
Menjelaskan
sistem pemerintahan Indonesia
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Buku
Sumber :
|
42,
43
|
C,
A
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Dasar
hukum sistem pemerintahan yang dianut Indonesia
·
Sikap
positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
42. Sistem
pemerintahan Indonesia dapat ditemukan dalam Tujuh Kunci Pokok Sistem Pemerintahan Indonesia, yang terkandung
dalam…..
a.
pembukaan UUD 1945 c. penjelasan UUD 1945
b.
penutup UUD 1945 d.
batang tubuh UUD 1945
43. Contoh sikap
positif warga negara terhadap sistem pemerintahan Indonesia adalah….
a.
mengutamakan musyawarah dalam pengambilan
keputusan
b.
berprasangka buruk terhadap kebijakan yang
dikeluarkan pemerintah
c.
mengutamakan kepentingan pribadi di atas
kepentingan umum
d.
menghargai pendapat orang yang sepaham dengan
kita
|
||
Indikator.
·
Menyebutkan
dasar hukum sistem pemerintahan Indonesia
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI : ULANGAN AKHIR
SEMESTER
Satuan
Pendidikan
Kelas
/ Semester
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
|
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn
|
Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar
|
Kompetensi
Dasar :
Menunjukkan
sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
|
Jenis
soal
|
No.
Soal :
|
Kunci
Jawaban :
|
Buku
Sumber :
|
Isai
|
44
|
melaporkannya
kepada piha yang berwajib
|
Pendidikan Kewarganegaran
Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan
(Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata
|
|
Materi
:
Kedaulatan
Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·
Sikap
positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
|
Rumusan Butir Soal :
44. Suatu ketika
anda tahu bahwa banyak caleg yang melakukan praktik suap (money politics) untuk memenangkan
pemilu. Sikap yang anda ambil terhadap permasalahan tersebut adalah…..
|
|||
Indikator.
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
SRI WIDIARTO, S.Pd
NIP. 196102171987031003
|
Pangkalan
Bun, Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran,
AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005
|
0 comments:
Post a Comment