Total Pageviews

KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1.   Menunjukan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan hakekat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat

                              


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

1,  2

b, d

C-1, C-2

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Hakikat Demokrasi

Rumusan Butir Soal :

1.       Demokrasi dapat diartikan sebagai….
a.       kekuasaan negara                                                              c. kekuasaan tertinggi                     
b.       pemerintahan rakyat                                                           d. pemerintahan kaum bangsawan

2.       Berikut ini yang termasuk nilai-nilai demokrasi adalah kecuali….
a.       penyelesaian pertikaian secara damai dan sukarela
b.       pengakuan dan penghormatan atas kebebasan dan keanekaragaman
c.        pergantian penguasa secara teratur
d.       penggunaan kekuasaan untuk menekan rakyat



Indikator.
·       Menjelaskan pengertian demokrasi
·       Menyebutkan nilai-nilai demokrasi


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005







KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1.   Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan hakikat demokrasi




No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

3

D

C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
·         Sejarah Perkembangan Demokrasi


Rumusan Butir Soal :

3.       Demokrasi pertama kali tumbuh dan berkembang di negara…..
a.       Mesir                                                                                      c. Italia
b.       Inggris                                                                                    d. Yunani






Indikator:
Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005








KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :  
Menjelaskan hakikat demokrasi

                                                                                               


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

4, 5

B, A

C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Macam-macam demokrasi

Rumusan Butir Soal :

4.       Berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat, maka demokrasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu…..
a.       Demokrasi Barat dan Demokrasi Timur
b.       Demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung
c.        Demokrasi formal dan demokrasi material
d.       Demokrasi Rakyat dan demokrasi Dunia Ketiga

5.       Negara berikut yang menganut demokrasi liberal adalah…….
a.       Amerika Serikat                                                                 c. Indonesia
b.       Kuba                                                                                    d. Republik Rakyat Cina



Indikator.
                                                       
Menguraikan macam-macam demokrasi


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005







KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
                              


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

7, 8

C, C


C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
·     Pengertian kehidupan demokratis
·     Praktik kehidupan demokratis dalam lingkungan sekolah, bermasyarakat

Rumusan Butir Soal :

6.       Kehidupan demokratis adalah kehidupan yang senantisasa menerapkan berbagai prinsip dan nilai-nilai demokrasi dalam…..
a.       Lingkungan negara                                                            c. berbagai lingkungan kehidupan
b.       lingkungan sosial                                                                               d. lingkungan sekolah

7.       Arti penting kehidupan demokratis dalam kehidupan keluarga adalah kecuali…..
a.       dapat menghindarkan terjadinya perselisihan antaranggota keluarga
b.       meningkatkan rasa kasih sayang di antara anggota keluarga
c.        memungkin kepala keluarga mengatur rumah tangga sekehendak hati
d.       meningkatkan rasa tanggung jawab seluruh anggota keluarga
                                                                                                                                                                                           

Indikator.
·     Menjelaskan pengertian kehidupan demokratis
·     Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam lingkungan keluarga

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005








KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
                                                                                               


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

8, 9

A, A


C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
·         Praktik kehidupan demokratis dalam lingkungan sekolah, bermasyarakat

Rumusan Butir Soal :

8.       Salah satu contoh penerapan demokrasi dalam kehidupan sekolah adalah…..
a.       pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS
b.       pelaksanaan pemilihan siswa teladan
c.        rapat pembagian tugas kepala sekolah
d.       pemilihan wali kelas oleh siswa

9.       Tindakan demokratis dalam lingkungan masyarakat tercermin dalam……
a.       bersedia dipilih menjadi pemimpin dan bersedia dipimpin
b.       menghindari adanya segala bentuk pemaksaan terhadap teman sekelas
c.        menghargai pendapat semua anggota keluarga
d.       bergaul dengan tetangga berdasarkan persamaan suku dan agama


Indikator.
·     Menunjukkan praktik kehidupan demokratis dalam lingkungan sekolah
·     Menunjukkan praktik kehidupan demokratis dalam lingkungan bermasyarakat
                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005








KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

10

C

C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi :
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
·         Pelaksanaan demokrasi di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

10.    Periodisasi (masa) berlakunya demokrasi terpimpin dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia adalah…..
a.       1945 – 1949                                                                         c. 1959 – 1965
b.       1949 – 1959                                                                         d. 1965 – 1999    









Indikator.
o   Menyebutkan periodisasi pelaksanaan demokrasi di Indonesia

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005






KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

                              


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

11

B

C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Pelaksanaan demokrasi di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

11.    Setelah kemerdekaan, Indonesia baru dapat mengadakan pemilihan umum untuk pertama kalinya, yaitu pada tahun…
a.       1955
b.       1965
c.        1975
d.       1985



Indikator.
Menjelaskan salah satu  peristiwa penting dalam pelaksanaan demokrasi Parlementer

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005








KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


                              
No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

12

d


C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
·     Pelaksanaan demokrasi di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

12.    Salah satu contoh penyimpangan dalam pelaksanaan demokrasi parlementer  adalah….
a.       Gus Dur mengeluarkan dekrit tentang pembubaran DPR
b.       pengangkatan Soekarno sebagai presiden seumur hidup oleh MPRS
c.        terjadinya pemberontakan G30S/PKI dalam upaya mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi Komunis
d.       Diterapkannya sistem pemerintahan parlementer, padahal seharusnya sistem pemerintahan presidensil


Indikator.
o   Menunjukkan contoh penyimpangan pelaksanaan demokrasi pada masa Demokrasi Parlementer


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

                              
No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

13, 14

A, B

C-1, C-2

Mudah, Sedang
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
·     Pelaksanaan demokrasi di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

13.    Alasan utama Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah…..
a.       Kegagalan Konstituante menyusun UUD baru pengganti UUDS 1950
b.       Adanya serangan mendadak tentara Belanda terhadap ibukota
c.        Belanda tetap mempertahankan Irian Barat sebagai wilayah kekuasaannya
d.       MPRS tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik

14.    Pemerintah Orde Baru dalam praktik pemerintahannya banyak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi. Salah satunya adalah ….
a.       Melakukan proses pembangunan yang terus-menerus melalui REPELITA
b.       Melarang adanya pemberitaan yang menyinggung keburukan pemerintah
c.        Menyelenggarakan PEMILU setiap lima tahun sekali
d.       Menggalakkan wajib belajar sembilan tahun


Indikator.
Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik
o   Menjelaskan berbagai peristiwa penting dalam pelaksanaan demokrasi terpimpin
o   Menjelaskan pelaksanaan demokrasi Pancasila dalam masa Orde Baru


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005










KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 1. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan                                                                    


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

15

B

C-2

Sedang
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
·         Budaya Demokrasi

Rumusan Butir Soal :

15.    Dibandingkan dengan pemerintahan otoriter, pemerintahan demokrasi memiliki beberapa kebaikan, salah satunya….
a.       rakyat merasa tidak diperdulikan dalam pemerintahan
b.       eratnya hubungan antara pemerintah dengan rakyat
c.        segala keinginan masyarakat akan dikabulkan pemerintah
d.       timbul berbagai konflik dalam pemerintahan







Indikator:
·     Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi dibanding otoriter

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005







KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

16, 17

C, C


C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·  Makna kedaulatan
·  Sifat-sifat kedaulatan


Rumusan Butir Soal :

16.    Kedaulatan berarti….
a.       kekuasaan untuk mengadili                                              c.   kekuasaan tertinggi
b.       wewenang seseorang untuk bekerja                              d.   kekuasaan pemerintah

17.    Kekuasaan tersebut tetap ada, sekalipun pemegang kekuasaan berganti-ganti
Pernyataan di atas sesuai dengan arti sifat pokok kedaulatan, yaitu sifat…..
a.       tunggal                                                                                  c.   permanen
b.       asli                                                                                          d.   absolut



Indikator.
·     Menjelaskan pengertian kedaulatan
·     Menjelaskan sifat-sifat kedaulatan


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005






KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

18

d


C-2

Sedang
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·     Macam-macam kedaulatan


Rumusan Butir Soal :
18.    Perhatikan data di bawah ini!
No.
Pernyataan
1.
Pemerintah mensosialisasikan perilaku hidup sehat untuk menangkal flu burung
2.
Presiden berkunjung ke Jepang dan membicarakan kerjasama ekonomi
3.
Mendiknas mencanangkan tahun 2009 akan dimulai program sekolah gratis
4.
Pemerintah mengirimkan bantuan pangan untuk pengungsi Palestina
5.
Untuk mencegah merosotnya moral bangsa, DPR membahas RUU Anti Pornografi dan Pornoaksi
6.
Indonesia mengirim pasukan perdamaian ke Irak
Dari pernyataan di atas, kedaulatan pemerintah yang bersifat ke luar ditunjukkan oleh nomor…..
a.       1, 2, dan 3                                                                             c. 1, 3, dan 5
b.       4, 5, dan 6                                                                             d. 2, 4, dan 6


Indikator.
·     Memberikan contoh  kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar
                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005




KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

19, 20

C, D

C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Teori-teori kedaulatan

Rumusan Butir Soal :

19.    Orang-orang Jepang mempercayai bahwa Kaisar Jepang merupakan keturunan Dewa Amiterasu Omikami. Oleh karenanya segala perintah kaisar harus dipatuhi karena termasuk perintah dewa. Dari pernyataan di atas dapat simpulkan bahwa negara Jepang menganut teori kedaulatan……
a.       raja/kaisar                                                                             c.   Tuhan
b.       negara                                                                                   d.   rakyat

20.    Teori kedaulatan raja dalam praktiknya telah mengantarkan Raja Louis XIV berkuasa mutlak dan berakhir dengan kematiannya secara tragis. Kejadian dimaksud pernah terjadi di….
a.       Hongaria                                                                                             c.   Austria
                      b.   Rusia                                                                                       d.   Prancis



Indikator.
Menjelaskan teori-teori kedaulatan
                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005







KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

21, 22

D, C

C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Teori-teori kedaulatan

Rumusan Butir Soal :

21.    Tokoh pendukung teori kedaulatan rakyat yang mengeluarkan teori Du Contract Social (Perjanjian Masyarakat) adalah….
a.       Thomas Hobbes                                                                c. Thomas Aquinas
b.       Montesquieu                                                                        d. Jean Jaques Rousseau

22.    “Hukum memegang kekuasaan tertinggi di dalam negara, sehingga segala tindakan penguasa dan warga negara harus tunduk pada hukum yang berlaku “.  Pernyataan tersebut  adalah inti pemikiran teori kedaulatan…
a.       penguasa                                                                              c. hukum
b.       warga negara                                                                       d. individu




Indikator.
Menjelaskan teori-teori kedaulatan
                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005



KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

23
                    
C


C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Kedaulatan rakyat yang dianut Indonesia

Rumusan Butir Soal :

23.    Dasar hukum berikut yang membuktikan bahwa Indonesia menganut teori kedaulatan rakyat adalah kecuali….
a.
Pancasila, sila keempat
b.
Pembukaan UUD 1945 alinea keempat
c.
Batang Tubuh UUD 1945 pasal 2 ayat (1)
d.
Batang Tubuh UUD 1945 pasal 1 ayat (2)

Indikator.
·     Menyebutkan dasar hukum kedaulatan rakyat yang dianut oleh Indonesia

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

24

c


C-2

Sedang
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Kedaulatan rakyat yang dianut Indonesia

Rumusan Butir Soal :
24.    Pernyataan berikut yang benar tentang perbedaan lembaga pemegang kedaulatan rakyat sebelum dan sesudah amademen UUD 1945 adalah……

Sebelum amademen
Sesudah amandemen
a.
Kekuasaan Kehakiman dipegang oleh MA dan MK
Kekuasaan Kehakiman dipegang oleh MA, MK, dan KY
b.
Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Presiden dan DPR
Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Presiden dan Wakil Presiden
c.
MPR adalah lembaga tertinggi negara
MPR sejajar dengan lembaga negara lainnya
d.
BPK adalah lembaga yang memeriksa keuangan negara
BPK dihapus

Indikator.
Menjelaskan perbedaan pelaksana kedaulatan rakyat berdasarkan UUD 1945 sebelum dan setelah perubahan

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005




KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

25, 26

C, C


C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
Rumusan Butir Soal :

25.    Salah satu tugas dan wewenang MPR berdasarkan UUD 1945 amademen adalah…..
a.       memilih presiden/wakil presiden
b.       mengubah Undang-undang
c.        melantik presiden/wakil presiden terpilih
d.       mengawasi pekerjaan Mahkamah Agung

26.    Berikut ini tugas presiden sebagai kepala negara adalah kecuali….
a.       memegang kekuasaan tertinggi atas angkatan darat, laut, dan udara
b.       memberikan gelar, tanda jasa, tanda kehormatan.
c.        menjalankan roda pemerintahan
d.       menyatakan perang dan damai


Indikator.
·     Mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil perubahan
·     Menjelaskan perbedaan tugas presiden sebagai kepala pemerintahan, kepala negara


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

27, 28

a,  b

C-1, C-1

Mudah, Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia
Rumusan Butir Soal :

27.    Presiden dapat memberikan rehabilitasi kepada seseorang. Arti rehabilitasi adalah…..
a.       pengembalian nama baik seseorang akibat putusan peradilan yang salah
b.       pengembalian sejumlah uang akibat terlalu banyak membayar pajak
c.        pengampunan yang diberikan kepada seorang terpidana
d.       pemotongan masa hukuman seseorang

28.    Menurut UUD 1945 amandemen, presiden/wakil presiden dipilih secara….. oleh …..
a.       langsung  ; MPR                                                               c.   tidak langsung ; MPR
b.       langsung ; rakyat                                                              d.   tidak langsung ; rakyat



Indikator.
·     Menjelaskan perbedaan tugas presiden sebagai kepala pemerintahan, kepala negara (lanjutan)
·     Menjelaskan tata cara pemilihan presiden menurut UUD 1945 amandemen


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005








KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

29, 30

b, c

C-1, C-2

Mudah, Sedang
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

29.    Di bawah ini yang termasuk fungsi anggaran DPR, yaitu…..
a.       bersama pemerintah membentuk UU
b.       bersama pemerintah membahas RAPBN
c.        mengadakan rapat pleno untuk membahas suatu masalah
d.       melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU oleh presiden/wakil presiden

30.    Manakah sejumlah hak di bawah ini yang termasuk hak DPR?
a.       hak interpelasi – hak menjalankan tugas – hak inisiatif                            c. hak budget – hak menyatakan pendapat – hak amandemen
b.       hak amandemen – hak pendidikan – hak beragama                              d. hak kebudayaan – hak inisiatif – hak menyatakan pendapat                                               


Indikator.
·     Mengemukakan fungsi DPR
·     Menyebutkan hak-hak DPR

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005







KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

31, 32

a, b

C-2, C-1

Sedang,  Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia

Rumusan Butir Soal :
31.    Dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat, DPR mempunyai peranan penting, yaitu….
a.       sebagai penyalur aspirasi masyarakat di tingkat pusat
b.       lembaga yang dapat memenuhi segala keinginan masyarakat
c.        sebagai lembaga yang dapat dimanfaatkan mayarakat untuk menjatuhkan presiden
d.       wahana bagi masyarakat untuk mempelajari ilmu politik

32.    Lembaga negara yang merupakan bagian MPR yang dipilih melalui pemilu dari setiap provinsi dan tugas-tugasnya senantiasa berhubungan dengan masalah otonomi daerah adalah….
a.       DPR                                                                                       c.   DPA
b.       DPD                                                                                       d.   Panitia Ad Hoc


Indikator.
·     Menjelaskan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat
·     Mengemukakan tugas dan kewajiban DPD            

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

33

d


C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

33.    Wewenang Mahkamah Agung (MA) menurut UUD 1945 amandemen adalah…
a.       memutuskan pembubaran partai politik
b.       memutus perselisihan tentang hasil pemilu
c.        mengadili suatu perkara di tingkat kasasi
d.       menegakkan keluhuran martabat dan perilaku hakim






Indikator.
·     Menjelaskan tugas dan kewajiban Mahkamah Agung

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005



KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci
Jawaban :
Proses Kognitif
Tingkat Kesulitan
Buku Sumber :

34

a


C-1

Mudah
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia

Rumusan Butir Soal :

34.    Salah satu perbedaan wewenang antara Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Komisi Yudisial (KY) adalah……
a.       MK berwenang menegakkan peraturan (konstitusi), sedangkan KY berwenang menjaga citra baik institusi peradilan
b.       MK berwenang menjaga citra baik institusi peradilan, sedangkan KY berwenang menegakkan peraturan (konstitusi)
c.        MK berwenang memutus perkara pada tingkat banding, sedangkan KY memutus perkara di tingkat pusat
d.       MK berwenang mengadili, sedangkan KY tidak berwenang mengadili


Indikator.
·     Menjelaskan perbedaan tugas Komisi Yudisial dan Mahkamah Konstitusi

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

                              


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Buku Sumber :

35, 36

C, A
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia

Rumusan Butir Soal :
35.    Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam praktik pemilu di Indonesia adalah…..
a.       sebagai lembaga yang bertugas memilih caleg yang layak jadi anggota DPR
b.       mencari orang yang berbakat di bidang politik
c.        lembaga yang merencanakan dan mengatur jalannya pemilu
d.       lembaga yang membentuk partai politik peserta pemilu

36.    Salah satu tugas dan wewenang Badan Perwakilan Desa (BPD) adalah…
a.       membuat peraturan desa bersama kepala desa
b.       mengurus admisstrasi desa
c.        menjalankan pemerintahan desa
d.       mengkoordinir adanya rapat desa

Indikator.
·     Menjelaskan peran KPU (Komisi Pemilihan Umum) dalam praktik demokrasi di Indonesia
·     Menemukakan tugas dan kewajiban BPD              

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia      


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Buku Sumber :

37

C
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Pengertian sistem pemerintahan
·         Perbandingan sistem pemerintahan presidensil dan parlementer

Rumusan Butir Soal :

37.    Serangkaian penyelenggaraan pemerintah yang saling terkait satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan disebut……
a.       sistem ekonomi                                                    c. sistem pemerintahan
b.       sistem pertahanan                                                              d. sistem peradilan


Indikator.
Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
o   Menjelaskan sistem pemerintahan
o   Menjelaskan sistem pemerintahan presidensil dan parlementer


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005








KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia      


No. Soal :
Kunci Jawaban :
Buku Sumber :

38


A

Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Perbandingan sistem pemerintahan presidensil dan parlementer

Rumusan Butir Soal :
38.    Manakah pernyataan di bawah ini yang tepat menggambarkan perbedaan sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensil?

Parlementer
Presidensil
a.
Kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri
Kepala pemerintahan dan kepala negara dipegang oleh presiden
b.
Kabinet bertanggungjawab kepada presiden
Kabinet bertanggungjawab kepada parlemen
c.
DPR dapat menjatuhkan kabinet
Kabinet dapat menjatuhkan DPR
d.
Menteri-menteri diangkat dan diberhentikan presiden
Menteri-menteri diangkat dan diberhentikan perdana menteri

Indikator.
Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
o   Menjelaskan sistem pemerintahan presidensil dan parlementer


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005









KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia      



No. Soal :
Kunci Jawaban :
Buku Sumber :

39, 40, 41

A, C, C
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Dasar hukum sistem pemerintahan yang dianut Indonesia


Rumusan Butir Soal :
39.    Sistem pemerintahan yang dianut Indonesia sekarang ini adalah…..
a.       sistem pemerintahan presidensil                     c. sistem pemerintahan campuran
b.       sistem pemerintahan parlementer                   d. sistem pemerintahan monarki

40.    Dalam sistem pemerintahan Indonesia, menteri-menteri bertanggungjawab kepada…..
a.       MPR                                                                                       c. Presiden
b.       DPR                                                                                       d. rakyat

41.    Pada masa sekarang ini, dalam hal kepartaian Indonesia menganut sistem….
a.       Monopartai                                                                           c. multipartai
b.       Dwipartai                                                                               d. tak berpartai

Indikator.
·     Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                                
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005





KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
  1. Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia
  2. Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia

No. Soal :
Kunci Jawaban :
Buku Sumber :

42, 43

C, A
Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Dasar hukum sistem pemerintahan yang dianut Indonesia
·         Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia


Rumusan Butir Soal :
42.    Sistem pemerintahan Indonesia dapat ditemukan dalam Tujuh Kunci Pokok Sistem Pemerintahan Indonesia, yang terkandung dalam…..
a.       pembukaan UUD 1945                                      c. penjelasan UUD 1945
b.       penutup UUD 1945                                                             d. batang tubuh UUD 1945

43.    Contoh sikap positif warga negara terhadap sistem pemerintahan Indonesia adalah….
a.       mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan
b.       berprasangka buruk terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah
c.        mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan umum
d.       menghargai pendapat orang yang sepaham dengan kita


Indikator.
·     Menyebutkan dasar hukum sistem pemerintahan Indonesia
·     Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat


Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005




KARTU SOAL
PROGRAM EVALUASI  : ULANGAN AKHIR SEMESTER


Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
: SMPN 11 ARUT SELATAN
: VII/2
: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
: 2. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem   
       pemerintahan di Indonesia

Nama Penyusun :
Agus Winarno, S. Pd. PKn

Unit Kerja :
SMPN 11 ARUT SELATAN
Jln. Ahmad Wongso No. 203, Kel. Madurejo.,
Kec. Arut Selatan, Kab. Kobar


Kompetensi Dasar
Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
                                                                                               


Jenis soal
No. Soal :
Kunci Jawaban :
Buku Sumber :
Isai

44

melaporkannya kepada piha yang berwajib


Pendidikan Kewarganegaran Kelas VIII SMP/MTs. Mukhamad Murdiono. Intan Pariwara. 2007
Acuan Pengayaan Pendidikan Kewarganegaraan (Fokus). Untuk SMP Kelas VIII. Mursidi. CV Sindhunata

Materi : 
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
·         Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia


Rumusan Butir Soal :

44.    Suatu ketika anda tahu bahwa banyak caleg yang melakukan praktik suap (money politics) untuk memenangkan pemilu. Sikap yang anda ambil terhadap permasalahan tersebut adalah…..


Indikator.
·     Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia

                                                       

Mengetahui :
Kepala Sekolah,



SRI WIDIARTO, S.Pd                                                               
NIP. 196102171987031003
Pangkalan Bun,   Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,



AGUS WINARNO, S.Pd PKn
NIP. 198405242011011005




0 comments:

Post a Comment

 
Agus Winarno © 2016 | Contact Us +6281567814148 | Order Template di Sangpengajar
Top