KISI-KISI UTS SEMESTER 1, PKn KELAS 7,8,9
Mari persiapkan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester (UTS) satu, di sini kami sajikan kisi-kisi nya. semoga bisa memberi arahan untuk belajar. Dan dapat sebagai ajuan dalam membuat soal.
KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan( PKn)
KELAS/SEMESTER : VII/I
KURIKULUM ACUAN : Kurikulum Satuan Tingkat
Pendidikan (KTSP)
ASPEK :
KOGNITIF, AFEKTIF
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
BAHAN
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR
SOAL
PG
|
NOMOR
SOAL
URAIAN
|
1.
|
1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
1.1
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang
berlaku dalam masyarakat
|
Bukuteks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Norma -norma dalam masyarakat
|
·
Menjelaskan hakekat norma
·
Menjelaskan pentingnya
norma dalam kehidupan bermasyarakat
·
Menguraikan macam-macam norma
|
1, 2, 3,
4, 5, 6,
7, 8, 9
|
1
2
3
|
|
|
Menjelaskan
hakikat dan arti penting hukum
|
Buku teks, artikel dll
|
Norma -norma dalam masyarakat
|
·
Menjelaskan
pentingnya norma hukum dalam kehidupan
bernegara
|
10,11,12
|
4
|
|
|
1.3 Menerapkan nor ma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istia
dat dan peraturan yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan
bernegara
|
Buku teks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Norma-norma dalam masyarakat
|
Perlunya penerapan norma ,
kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
|
13. 14, 15
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan( PKn)
KELAS/SEMESTER : VIII/I
KURIKULUM ACUAN : Kurikulum Satuan Tingkat
Pendidikan (KTSP)
ASPEK :
KOGNITIF, AFEKTIF
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
BAHAN
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR
SOAL
PG
|
NOMOR
SOAL
URAIAN
|
1.
|
1.
Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
1.1 Menjelaskan Pancasila
sebagai dasar negara dan ideologi negara
|
Bukuteks, contohnorma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Pancasila sebagai dasar
dan ideologi negara
|
·
Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara
·
Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
·
Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan
utuh
|
1
2
3,
|
1
|
|
|
1.2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi
negara
|
Buku teks, artikel dll
|
Pancasila sebagai dasar
dan ideologi negara
|
·
Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama
·
Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa
Indonesia
·
Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
|
4
5
6
|
|
|
|
1.3. Menunjukkan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Buku teks, contohnorma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Pancasila sebagai dasar
dan ideologi negara
|
·
Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·
Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
·
Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
|
7
8
9
|
2
|
|
|
1.4. Menampilkan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat
|
Buku teks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Pancasila sebagai dasar
dan ideologi negara
|
·
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
·
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
·
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial
|
10
|
3
|
|
2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
|
2.1.Menjelaskan ber-bagai
konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
|
Buku teks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
|
·
Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut UUD 1945
·
Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut Konstitusi RIS
·
Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut UUDS 1950
|
11
12
13
|
4
|
|
|
2.2.
Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku
di Indonesia
|
Buku teks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
|
·
Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949
·
Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5
Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi
·
Menunjukkan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap
konstitusi atau UUD
|
14
15
|
5
|
KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan( PKn)
KELAS/SEMESTER : IX/I
KURIKULUM ACUAN : Kurikulum Satuan Tingkat
Pendidikan (KTSP)
ASPEK :
KOGNITIF, AFEKTIF
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
BAHAN
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR
SOAL
PG
|
NOMOR
SOAL
URAIAN
|
1.
|
1.
Menampilkan dalam usaha pembelaan negara
|
1.1 Menjelaskan
pentingnya usaha pembelaan negara
|
Buku teks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
pentingnya usaha pembelaan
negara
|
·
Menguraikan unsur-unsur negara
·
Menentukan fungsi Negara
·
Menemukan hak – hak dan
kewajiban kewajiban warga negara
|
1, 2
3, 4
5, 6
|
1
|
|
|
1.2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha
pembelaan negara
|
Buku teks, artikel dll
|
bentuk-bentuk usaha
pembelaan negara
|
·
Mengidentifikasi
peraturan perundang-undangan tentang wajib bela Negara
·
Menunjukan contoh tindakan yang menunjukkan upaya
membela Negara
|
7, 8
9, 10
|
2
|
|
|
1.3. Menampilkan
peran serta dalam usaha pembelaan negara
|
Buku teks, contoh norma, artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
|
peran serta dalam usaha
pembelaan negara
|
·
Menentukan sikap terhadap
pihak-pihak tertentu yang ingin menghancurkan NKRI
·
Menunjukkan partisipasi
dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya
|
11, 12
13, 14, 15
|
3
4, 5
|
Pangkalan Bun,
September 2016
Mengetahui
Kepala SMPN 11 Arut Selatan Guru Mata Pelajaran PKn
Sri Widiarto, S.Pd
Agus Winarno, S.Pd.PKn.
NIP
19610217 198703 1 003 NIP
198405242011011005
0 comments:
Post a Comment